Monday, January 10, 2011

cerpen yg paling bagus menurut gua

“Air mata pertaubatan”

Karya sederhana

Oleh:

Frisnanda

1.awal mula

Adzan subuh berkumandang yang membuat mataku membuka seperti tanpa paksaan.diriku merasa alunan merdu suara adzan bagaikan lembutnya belaian Allah yang membuatku semakin bersemangat untuk shalat subuh di pagi yang sunyi ini. Ini adalah hari pertamaku melangakah ke kehidupan baru, kehidupan yang beda dari yang lalu,bagaikan bayi yang baru lahir dari rahim seorang ibu.afwan lupa untuk memperkenalkan diri, namaku faddil umurku 21 tahun,aku masih kuliah di salah satu universitas islam di Jakarta.aku anak kedua dari dua bersaudara.kakak-ku sekarang melanjutkan studi di luar Indonesia.aku adalah anak paling disayang oleh kedua orang tuaku. Tetapi aku lebih banyak mengecewakan orang tuaku daripada membuat orang tuaku bangga.dengan segera aku beranjak dari tempat tidur untuk membangunkan kedua orang tuaku agar segera menunaikan shalat subuh.

“umi,abi! Bangun,udah subuh.kita kemesjid.”kedua orang tuaku hanya mengucapkan , “iya dil ,ini udah bangun.”setelah itu,aku bergegas mengambil air wudhu,dan berangkat ke mesjid,ketika shalat dimulai,aku lakukan semuanya dengan khusyu` dengan mendengarkan setiap ayat suci Al-qur`an yang dilantunkan oleh imam di mesjid di dekat rumahku.

Setelah shalat selesai aku merenung,kemana saja diriku selama ini,aku selalu berjalan di jalan yang tidak di ridhai Allah,aku dengan bangganya melakukan semua itu,tanpa memikirkan betapa sakitnya hati Allah melihat diriku yang hina ini. Ketika beranjak keluar mesjid,aku melihat sekelilingku banyak perumahan –perumahan,pertokoan,dan juga jalan raya.aku tinggal bersama kedua orang tuakudi perumahan yang penuh sesak,tidak ada daerah yang bebas untuk menghirup udara segar seperti dikampungku yaitu aceh.ya, aceh adalah kampungku,aku bangga menjadi orang aceh,tetapi jika masyarakat di aceh tahu akan tabiat burukkuketika dulu,mungin mereka tak bangga lagi mempunyai warga aceh seperti diriku ini.

Ketika aku sampai dirumah,aku membuka kulkas untuk meminum segelas air.karena sejak aku bangun,akubelum sempat untuk minum.umiku sampai bertanya,”kenapa kamu dil? Kok minum kaya orang habis marathon aja di senayan.”aku hanya bisa menjawab dengan senyuman.aku lalu membuka lemari di ruang tamu mengambil Al-Qur`an untuk melanjutkan kembali bacaanku,tepatnya di surat At-Taubah ayat 6 jus10.aku membacanya sekaligus membaca artinya agar aku mengerti akan maksud dari ayat tersebut.

Inilah diriku pertama kalinya bisa membaca Al-Qur`an lagi. Abiku sering berkata,”dil,sampai berapa lama kamu bertahan dengan sikap seperti ini? Paling nanti faddil juga gak ngelanjuti lagi ngaji dan shalatnya di mesjid.”hatiku seakan dipukul dengan paku ketika mendengar perkataan abi seperti itu. Tetapi aku harus bagaimana,memang dulu aku bersikap seperti itu, tiba-tiba shalat dan membaca Al-Qur`an,lalu aku meninggalkannya.yang bisa aku lakukan sekarang adalah membuat orangtuaku percaya bahwa mulai hari ini,aku tidak mengulangi kesalahan lagi.dengan membaca Alhamdulillah,aku telah selesai membaca Al-Qur`an,aku taruh lagi di tempat semula,kemudian aku masuk ke dalam kamar,dalam kamar,aku mulai merenung segala perbuatan yang yang dulu pernah aku perbuat .semenjak aku kecil sampai aku kelas 6 SD,aku memiliki prilaku yang masih terkontrol.tetapi ketika aku SMP,pergaulanku sudah mulai di pengaruhi hal-hal yang buruk oleh teman-temanku,pada waktu itu,salah seorang temanku berkata kepadaku ketika istirahat, dil,nagapain bengong?nih mau gak liat video bagus ? “aku gak bengong tau,emang video apa bud? “udah liat aja dulu ,”katanya.ketika aku melihat video itu,aku langsung kaget tetapi mataku tidak bisa mengalihkan dari video tersebut.sejak saat itu,aku sudah menyukai “video-video porno” atau yang lebih ngetrend saat ini “Film blue”.entah sudah berapa lama aku menikmati dosa yang tidak di ridhai allah itu.tapi sekarang aku hanya bisa bersyukur,alllah telah melindungi ku untuk tidak melakukan seks bebas(free sex).

Faddil! Ngapain kamu dikamar terus? Jagain took dulu, umi mau minta dianter sama abi ke kantor sebentar. “pikiran dan hatiku yang sedang merenung tiba-tiba kaget mendengar suara umi,aku hanya bisa menjawab “iya mi,faddil klesana.”langsung aku bergegas untuk menjaga took yang di rintis keluargaku sejak pertama kali menginjakkan kaki ke Jakarta.nanti umi pulangnya sore jam 4 sore,beli makanan aja nantio siang,uangnya sudah umi taruh di dompet ya.”aku hanya mengangguk. “yaudah umi pergi dulu.assalammualaikum.waaikum salam “tokoku berdekatan dengan kampusku, dari belakang rumahku kampusku bisa terliahat dengan pandangan mata hanya 2 meteran saj,jadi tidak heran banyak mahasiswa dan mahasiswi yang lalu lalang untuk berangkat ke kampus dan mengunjungi toko ku untuk membeli rokok,minuman dan kebutuhan lainnya.abiku akhirnya pulang dengan vespanya yang sudah lama. Dil,nanti sekitar jam satuan,jagain toko sebentar ya,abi mau pergi untuk membeli perlengakapan di toko udah habis, iay bi, “kataku singkat”.aku langsung masuk kedalam rumah dan bersiap-siap untuk mandi dan makan.selesai aku mandi aku makan,aku menyalakan laptopku untuk browsing di internet.inilah kesibukanku setelah selesai ujian akhir,aku bermain facebook,kaskus,blogger dan yang lainnya. Dari facebooklah aku menemukan setitik hidayah yang sangat berarti buatku dan kehidupanku.

2.Air mata dosa-Air mata pertaubatan

Aku membuka profil temanku akhwat bernama Nabila.entah kenapa,ada keinginan untuk bertaubat dari segala perbuatan burukku. Lalu aku menuliskan pesan lewat facebooknya tentang prihal masalahku dan ingin berubah sepenuhnya dan menjalani segala perbuatan yang di ridhai Allah Swt.ia memberikan saran bahwa aku di suruh menikah atau berpuasa untuk menahan segala nafsu yang ada pada diriku.aku lebih memilih untuk berpuasa,karena untuk menikah,aku belum siap lahir dan batin.mulailah aku berpuasa senin kamis, alhamdulillah semua berjalan dengan lancar sekalipun cobaan datang seiring perubahan baik yang aku lakukan.seperti kata pepatah,”semakin kokoh pohon itu berdiri,semakin kencang angin menerpanya”.seperti itu keadaan yang aku alami ketika melakukan perbuatan atas dosa-dosaku di waktu yang lalu.ada satu hal yang membuatku terkenang akan perjalananku untuk bertaubat.ketika matahari masih berada di atas kepalaku,aku melakukan shalat taubat,aku memanjatkan doa sebenar-benarnya. Bismillahirrahmanirrahim, ya allah ya karim, diriku ini penuh dosa, diriku inii penuh amal keburukan, diriku ini adalah hamba yang tidak berguna di matamu, diriku ini adalah hambamu yang kotor, setiap centi dariku tidak ada amal yang aku berikan kepadamu, padahal untuk mendapatkan amalmu diriku tidak mengeluarkan mata uang yang di perlukan hanyalah tiang agamamu aku tegakkan lagi, tetapi aku menghianati mu, air mata dosaku ini tidak akan di terima olehmu yang aku pinta hanyalah satu darimu,terimalah air mata pertaubatanku ini, air mat yang berasal dari hati yang sadar telah menyakiti dirimu yang suci dengan sesuka hati,alhamdulillahirabbilalamin, kututup mataku yang berlinang air mata ini,air mat pertaubatan atas dosa-dosaku selam ini.aku hanya bisa berharap allah selalu menuntun segal perjalananku sampai raga yang allah pinjamkan kepadaku dapat dikembalikan kepadanya dengan keadaan bersih dari noda-noda perbuatan dosaku selama ini.allahuakabr,allahuakbar! “ adzan dzuhur berkumandang di masjid dekat rumahkuaku seketika mengucap syukur dan bersiap-siap untuk berangkat kemesjid. Bagiku itu adalah masa lalu yang kelam,karena itu akan membuatku mengkhianati Allah SWT lagi.kehidupan yang aku rasakan ini benar-benar rumit,suatu saat nanti aku akan menuangkannya kedalam cerita.bismillah,inilah aku yang baru,siap untuk menata kehidupan yang baru yang akn selalu berada dari rahmat Allah SWT.

No comments:

Post a Comment